Inilah Cara Menghasilkan Uang Lebih Banyak

Bagaimana sih cara menghasilkan uang lebih banyak?

Banyak yang tanya pada saya bagaimana sih cara menghasilkan uang lebih banyak? Baik teman, kenalan, saudara sering bertanya pada saya. Padahal diri saya sendiri juga bingung dan sedang mencari jawabannya. Oleh karena itulah saya akhirnya melakukan berbagai penelusuran informasi dan merangkumnya dalam tulisan ini. Sudah siap? Simak baik-baik ya.

Ternyata untuk menghasilkan uang lebih banyak hanya ada dua cara. Pertama dengan mengurangi pengeluaran dan yang kedua dengan menambah sumber penghasilan. Mana yang lebih mudah? Sebagian besar orang termasuk saya mungkin akan menjawab yang pertama. Tapi, pilihan pertama ini sungguh tidak menyenangkan. Kok sepertinya hidup jadi menderita terus ya.

Kemudian ada pilihan kedua, yaitu menambah sumber penghasilan. Pilihan yang tidak banyak orang ambil. Kenapa? Karena kita sudah membayangkan harus lebih banyak berpikir dan banyak bekerja. Akhirnya kita merasa tidak sanggup. Letih, lelah, takut, malu, tidak ada waktu (padahal mah malas).

Cara menghasilkan uang lebih banyak, kok tidak ada yang mudah?

Tenang, ternyata masih ada pilihan ketiga. Menambah sumber penghasilan tanpa letih, lelah, takut, malu, dan hanya butuh sedikit waktu. Mau? Begini caranya

Tentukan Berapa Banyak Uang yang Kita Mau

Begitu kita sudah menentukan jumlah uang yang kita mau, mulailah bertanya pada diri sendiri Produk, jasa, layanan, atau nilai tambah apa yang bisa saya berikan pada orang lain dan menghasilkan uang untuk saya?”

Kira-kira manfaat atau solusi apa yang dibutuhkan oleh atasan kita, bawahan kita, customer kita, bahkan oleh dunia.

Begitu kita sudah menemukannya, kini waktunya kita kembangkan dan menghasilkan produk, jasa, atau nilai tambah itu.

Tadi kita sudah sepakat dalam mengembangkan ide ini kita ingin cara yang mudah, murah, menyenangkan, memberi manfaat dan yang paling penting harus menghasilkan. Nah, berikut ini cara pengembangan ide sesuai dengan kriteria yang kita idamkan itu.

5 cara menghasilkan uang lebih banyak

 

Menjadi Intrapreneur

Semakin banyak perusahaan yang mendorong karyawannya menjadi entrepreneur. Perusahaan seperti Google mendorong karyawannya menghabiskan 20% usahanya untuk mengerjakan proyek yang mereka sukai. Beruntunglah jika perusahaan tempat kita bekerja memiliki budaya terbuka untuk intrapreneurship, karena budaya semacam ini sungguh langka di perusahaan Indonesia.

Mereka diminta untuk berpikir outside the box dan muncul dengan ide dan inovasi.

Intrapreneur berhasil menciptakan kertas Post-It untuk 3M, program Java untuk Sun Microsystems, Google Mail dan Google Calendar untuk Google, dan banyak lainnya.

Apakah perusahaan kita tidak menyediakan produk atau jasa yang sangat diperlukan oleh customernya?

Inilah peluang kita. Bicarakan dengan atasan, peluang dan kemungkinan yang akan terjadi jika kita membuat produk atau jasa yang baru. Selain menghasilkan tambahan uang, besar kemungkinan kamu akan dipercaya untuk menjadi pemimpin proyek ini, yang berarti sama dengan promosi.

Temukan masalah dan cari solusinya

Banyak bisnis dimulai dari adanya masalah yang tidak mendapat solusi. Hanya orang sukses yang berani untuk memberikan solusi atas masalah itu. Jika kita menginginkan tambahan uang, temukan kebutuhan banyak orang, cari solusinya, dan berikan solusi itu pada yang membutuhkan.

Jika kita tahu begitu banyak orang memiliki masalah dengan berat badan. Apakah kita sekedar tahu ataukah kita bisa memberikan solusi?

Jika kita tahu banyak orang memiliki masalah dengan penampilan. Apakah kita bisa memberikan solusi?

 

Lakukan dengan cara yang berbeda

Dave Liniger, saat ini CEO RE/Max, awalnya adalah seorang agen property yang sukses. Tapi dia selalu merasa kantor agen tempat ia bekerja mengambil persentase komisi yang terlalu besar. Padahal sebagian besar pekerjaan dia sendiri yang harus melakukannya.

Dave mulai berpikir cara yang lebih baik dan berencana membuat perusahaan agennya sendiri. Sebenarnya bisa saja dia menyewa kantor eksklusif di tengah kota dengan harga yang sangat mahal. Tetapi dia menyadari jika dia melakukan itu, maka perusahannya akan sama dengan agen property lain.

Akhirnya dia mencoba membuat perusahaan agen property tanpa kantor bonafid. Dia mengutamakan pelayanan terbaik pada para agen. Biaya sewa tempat dialihkan menjadi biaya training, manajemen, alat marketing, dan memberikan komisi yang jauh lebih banyak dibandingkan perusahaan lain.

Akhirnya perusahannya menarik begitu banyak agen berbakat baik yang bekerja penuh maupun yang independen. Semenjak saat itu RE/MAX lahir menjadi salah satu perusahaan agen property dengan jaringan terluas di dunia.

Idenya untuk melakukan dengan cara yang beda didukung dengan kerja keras, kegigihan, dan memenuhi kebutuhan puluhan ribu agen di seluruh dunia.

Sekarang pikirkan baik-baik. Seberapa jauh jika kita mau mengerjakan ide yang sudah kita miliki dengan cara yang beda?

Bisnis melalui internet

Ini merupakan salah satu cara tercepat dan termudah untuk memulai bisnis bahkan bisa dilakukan sambil bekerja kantoran.

Penuhi kebutuhan ratusan ribu orang di Indonesia bahkan seluruh dunia dengan produk atau jasa yang kita ciptakan.

Jika kita termasuk orang yang kreatif dan agak nyeni, kita bisa menjual hasil karya kita lewat Etsy.com. Kita bisa menjual foto, karya seni, perhiasan, aksesoris, dan mainan pada orang di seluruh dunia.

Jika kita termasuk ahli dalam skill tertentu seperti design, videografi, fotografi, bahkan jagoan ngetik, jago excel, jago powerpoint, mungkin kita bisa menjadi freelancer. Mengerjakan proyek sambilan di luar jam kantor. Kita bisa mendaftar dan mencari job freelance di sribulancer.com.

Jika kita suka menulis bisa membuat blog dengan wordpress.com, jika suka membuat video kita bisa membuatnya di youtube.com dan menghasilkan banyak uang dari iklan.

Jika kita mempunyai barang tidak terpakai yang bisa menjadi uang kita bisa gunakan OLX, atau carousell, atau jual lewat fjb kaskus.

Atau jika kita mempunyai produk yang cukup bagus kita bisa jual di tokopedia.com atau bukalapak.com

 

Menjualkan produk teman atau orang lain, termasuk MLM.

Iya kamu gak salah baca. Masak sih bisa jadi cara menghasilkan uang lebih banyak?

Pasti banyak yang alergi dengar kata MLM. Tapi jika dipikir-pikir usaha ini termasuk dalam kriteria bisnis yang mudah, murah, menghasilkan, memberi manfaat dan menyenangkan.

Ah apanya yang menyenangkan? Eits tunggu dulu, tidak semua MLM itu membuat kita merasa tertipu lho. Buktinya ada MLM yang bertahan puluhan tahun. Berarti kemungkinan besar mereka punya sistem dan anggota jaringan yang tidak tipu-tipu. Kalau tipu-tipu pasti sudah lama bubar, ya kan?

Supaya kita merasa senang saat menjalaninya pastikan produk yang kita jualkan adalah produk yang kita juga suka. Saat ini produk jaringan ini tersebar dari mulai dari baju, panci, tas , kosmetik, sabun, parfum, mainan, dst. Tinggal pilih mana yang kita suka.

Karena kalau kita tidak suka dengan produknya pasti kita tidak akan enjoy menjualnya. Serasa menipu orang lain. Akhirnya jualannya tidak ikhlas dan tidak laku deh. Ujung-ujungnya trauma jualan. Gawat kan?

Tapi kalau kita juga suka, kita pakai dan buktikan sendiri, kita akan jualan dengan penuh ketulusan. Pasti yang ditawari juga merasakan ketulusan kita dan pada akhirnya kemungkinan dia membeli jauh lebih besar.

Kebanyakan MLM karbit, (ini pinjam istilah teman saya yang emang master MLM) tidak menjual produk tapi menjual sistem piramida. Nah, kita hindari MLM model seperti ini. Pastikan produk yang dijual itu memang bermanfaat dan sesuai apa yang dijanjikan. Karena begitu produknya bagus, kita juga suka, jualannya mudah, maka imbalan akan datang secara teratur.

Itulah beberapa cara menghasilkan uang lebih banyak yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Tapi jika target kita belum tercapai jangan kecewa dulu, baca solusinya di sini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *