Mandiri Belum Tentu Dewasa

Sejatinya setiap manusia pasti menginginkan kemandirian ada di dalam dirinya. Dengan mandiri maka kedewasaan pun akan mengiringinya. Namun, coba kita cermati lagi, benarkah dengan mandiri maka kita sudah dianggap dewasa? Ada yang mengatakan dewasa itu tidak memandang usia. Seseorang yang masih belia saja bisa dikatakan lebih dewasa dari yang jauh lebih tua.  Ada juga pendapat yang mengatakan tentang kemandirian kalau sudah dewasa (usia biologisnya) itu pasti sudah mandiri, karena bisa melakukan semuanya sendiri, tidak lagi meminta bantuan orang lain.

Mandiri itu bukan berarti dewasa. Mandiri, yang bisa apa-apa sendiri itu belum bisa dikatakan sudah dewasa.Karena mandiri di sini adalah ketika bagaimana kita bisa menyikapi sesuatu masalah dengan pemikiran yang dewasa.

Saya jadi berpikir, selama ini saya selalu berusaha untuk melakukan semua sendiri. Saya ingin menunjukkan bahwa saya bisa melakukannya tanpa harus selalu dibantu, didampingi, atau dituntun. Tapi, ketika dihadapkan dengan masalah yang pelik, seringkali saya merasa kebingungan harus bagaimana. Dan jika sudah terlalu lama saya merasa bingung, ujung-ujungnya saya akan menganggap masalah itu sudah hilang, padahal belum.

Dewasa itu bukan berarti sudah tidak membutuhkan bantuan orang lain lagi. Bukan berarti hanya sudah mampu melakukan semuanya sendiri. Tetapi lebih kepada pola pikir kita, bagaimana cara menghadapi situasi tersulit, bagaimana harus bersikap di dalam keadaan yang dilematis, bagaimana tindakan kita dalam pengambilan keputusan yang terbaik untuk semua pihak, bagaimana cara kita berbahasa sesuai dengan situasi yang ada.

Hhee…ternyata saya masih jauh dari semua itu. Masih harus belajar lagi dan belajar itu adalah proses. Jadi, saya sedang berproses menuju kedewasaan. Dengan berkaca diri, mengevaluasi diri sendiri seperti ini saya merasa bersyukur karena dengan begitu maka saya diberi kesempatan untuk berkembang. Baik secara emosional, maupun pemikiran, serta tindakan. Memang tidak mudah namun inilah hidup…harus dihadapi dan dijalani.

SEMANGAT😉😉

D.P.S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *